Jenis Sepeda Gunung

united 2010-giant-anthem-x-sl-mountain-bike-600x413 ellsworth-dare-mountain-bike-frame

Tidak bisa dipungkiri, bahwa sepeda adalah alat tranportasi yang hemat bahan bakar dan bebas dari segala bentuk polusi, bahkan dalam situasi tertentu sepeda menjadi alat tranportasi yang sangat effisien.
Aktivitas bersepeda menjadi semakin digemari karena sepeda juga dapat difungsikan sebagai alat latihan kardio, yang membantu menyehatkan  tubuh, dan terkesan fresh karena dapat menjelajahi alam bebas.
Salah satu jenis sepeda yang saat ini banyak digemari adalah sepeda MTB atau sepeda gunung, karena mampu memenuhi kebutuhan pengendara, baik untuk olah raga, bekerja maupun ke sekolah.
Apabila anda berkeinginan untuk memiliki sepeda jenis MTB ini, maka anda perlu lebih bijak untuk memilih sesuai kebutuhan anda dengan mempertimbangkan medan yang akan anda lewati, karena sepeda MTB memiliki banyak tipe dan masing-masing tipe memiliki fungsi yang berbeda, dan memerlukan aksesoris sepeda yang berbeda pula.
Ada baiknya anda mengenal berbagai tipe sepeda MTB yang lazim  digunakan dan dipasarkan saat ini. Berikut ini adalah beberapa tipe sepeda MTB (sepeda gunung):

Tipe All Mountain MTB
Tipe ini, mengutamakan kenyamanan untuk menjelajahi segala medan. Sepeda Tipe All Mountain dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang (full suspension), sehingga mampu melintasi medan berbatu, naik turun bukit, serta menjelajahi hutan dan lintasan off road.

Tipe Downhill MTB
Tipe ini untuk medan yang berbukit dan bergunung, sehingga kurang nyaman dan tidak effisien digunakan di jalan-jalan perkotaan karena pengendara akan cepat kelelahan yang disebabkan oleh roda yang terlalu besar sehingga kontak roda juga sangat besar.
Sepeda tipe ini, dirancang untuk mampu melaju dengan cepat dan aman dalam menuruni medan terjal dan berbukit, sepeda ini memiliki kemampuan untuk menikung dengan stabil dan dapat bermanuver dengan aman pada kecepatan tinggi.

Tipe Freeride MTB
Tipe ini lebih diarahkan untuk mampu menghadapi lompatan tinggi dan kondisi-kondisi extrem, body-nya kuat tetapi kurang memiliki kelincahan karena memiliki bobot yang berat, akan cepat melelahkan apabila digunakan jarak jauh.

Tipe Cross Country MTB
Tipe ini bisa disebut juga dengan tipe XC, dari namanya dapat diketahui bah sepeda ini memang digunakan untuk menjelajah dengan stabil pada jarak yang cukup jauh. Sangat optimal digunakan pada tanjakan jalan aspal maupun jalan tanah. Biasanya sepeda tipe ini digunakan untuk medan-medan perkotaan. Untuk meredam benturan sepeda ini dilengkapi dengan suspensi di bagian depan, sementara suspensi belakang tidak terlalu penting karena medan yang dilewati relatif rata.

Tipe Dirt Jump MTB
Tipe ini fungsinya mirip dengan BMX, frame sepeda jenis ini biasanya menampakkan kesan kekar dan kokoh, tapi tetap bergaya. Dirancang untuk melakukan lompatan-lompatan tinggi dan extreme.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s